Lowongan Kerja, mencari informasi kerja

Contact online

Triwulan III, Ekonomi Sulut Diperkirakan Tumbuh 7,82 Persen

Kepala BI Sulut Suhaedi (foto : MANADO BISNIS)
MANADO BISNIS  – Perekonomian Sulut pada triwulan ketiga tahun 2012 ini, diperkirakan  Bank Indonesia (BI) Perwakilan Sulut akan tumbuh lebih tinggi dibandingkan triwulan sebelumnya.

Kepala BI Perwakilan Sulut  Suhaedi mengatakan,  pada triwulan ketiga, perekonomian Sulut bisa mencapai pertumbuhan 7,82 persen, lebih tinggi ketimbang pertumbuhan semester kedua tahun ini yang tercatat 7,47 persen,  sementara perkiraan terendah 7,42 persen. 

Tingkat pertumbuhan yang tetap tinggi tersebut dengan beberapa waktu pendorongnya diantaranya, pencairan gaji ke-13 bagi PNS dan pegawai badan usaha milik negara, tunjangan sertifikasi, tunjangan penghasilan aparatur pemerintahan desa, tunjangan hari raya serta elaksanaan kegiatan skala Internasional (TIFF). "Selain itu, hari raya Idul Fitri yang berlangsung pada akhir Agustus 2012 akan mendorong tingkat konsumsi dan hal ini mendorong pertumbuhan ekonomi mengalami penguatan cukup tinggi," ujarnya.

Realisasi proyek infrastruktur pemerintah dan realisasi proyek swasta serta rencana investasi Penanaman Modal Asing(PMA) tahun 2015, lanjut Suhaedi,  juga diperkirakan akan memberi dorongan peningkatan pertumbuhan ekonomi daerah ini. "Penyelesaian proyek fisik pemerintah mendekati akhir tahun anggaran dan realisasi proyek fisik swasta pembangunan pusat hiburan star quare di kawasan Bahu dan pembangunan pabrik PT Semen Bosowa di Kabupaten Minahasa Selatan merupakan faktor positif pertumbuhan ekonomi Sulut,"  paparnya. [yg/mtr]


@



Triwulan III, Ekonomi Sulut Diperkirakan Tumbuh 7,82 Persen