Lowongan Kerja, mencari informasi kerja

Contact online

28 Agen Elpiji di Sulut akan Dipatenkan

MANADO BISNIS  – Untuk memperlancar distribusi elpiji tiga kilogram (kg), maka Pertamina Manado akan mempatenkan operasional 28 agen elpiji.

Hal ini dikatakan  Sales Are Manager LPG Pertamina Manado, Isfahani.  "Tentu sebelum kami mempatenkan mereka, ada syarat administratif dan operasional yang harus mereka lengkapi," ujarnya.

Dia mengatakan, puluhan agen elpiji ini akan mendistribusikan gas elpiji ke sembilan kabupaten/kota yang telah melakukan konversi minyak tanah ke gas sejak tahun lalu. Pola distribusi gas elpiji ini masih mengadopsi pola rayonisasi distribusi minyak tanah seperti tahun lalu. "Tapi dalam evaluasi kami perkembangan agen dalam menyiapkan infrastruktur pendukung distribusi gas elpiji, variatif. Ada yang sudah sejak lama menyediakan tabung gas cukup banyak, ada yang secara bertahap," ungkapnya.

Selain itu, lanjut Isfahani,  ada agen yang siap berinvestasi dengan membeli kendaraan distribusi, membangun gudang, melakukan pendataan pangkalan serta menyediakan prasarana pendukung distribusi lainnya. "Hal-hal seperti ini terjadi karena awalnya masih ada agen yang khawatir apakah program konversi ini akan berjalan baik atau tidak. Sehingga mereka ragu berinvestasi. Tapi kita bisa lihat bagaimana prospeknya sekarang ini," kata dia.

Ditambahkannya, dari 28 agen elpiji yang dikontrak setiap tiga bulan, hanya satu agen elpiji baru yaitu Surya Gas Mandiri yang tidak memiliki latar belakang sebagai agen minyak tanah. "Karena itu kami akan mendorong seluruh 28 agen ini bisa dikontrak permanen selama dua tahun. Sekarang ini masih ada tiga agen yang belum beroperasi karena harus memenuhi sejumlah syarat,"  papar Isfahani. [yg/mtr]


@



28 Agen Elpiji di Sulut akan Dipatenkan