Lowongan Kerja, mencari informasi kerja

Contact online

Semester Pertama 2012, Kredit Bank Sulut Capai Rp 4,03 Triliun

Dirut Bank Sulut Johanes Salibana (foto : MANADO BISNIS)
MANADO BISNIS  – Semester pertama tahun 2012 ini, PT Bank Sulut  mampu menyalurkan kredit sebesar Rp4,03 triliun, atau mencapai pangsa 23% dari total kredit perbankan yang ada di Sulut.

“Kredit yang disalurkan 42 bank yang beroperasi di Sulut terdiri 25 bank umum dan 17 bank perkreditan rakyat (BPR) sebesar Rp17,5 triliun pada semester pertama 2012, sementara Bank Sulut Rp4,03 triliun,” kata Direktur Utama PT Bank Sulut, Johanes  Salibana.

Dikatakannya,  ekspansi kredit hingga mencapai Rp4,03 triliun tersebut mengalami peningkatan 9,5% dibandingkan realisasi kredit tahun sebelumnya yang kala itu tercatat sebesar Rp3,68 triliun. Peningkatan kredit tersalur tersebut,  berkat upaya bank ini yang terus mendorong pertumbuhan kredit produktif di masyarakat. “Kredit produktif menjadi sasaran kita untuk terus didorong pada tahun 2012 ini,” ucapnya.

Ditambahkan  Direktur Pemasaran  Novie Kaligis, proporsi kredit konsumtif yang dulu mencapai lebih 90% saat ini terus ditekan. “Kita ingin mengembalikan fungsi Bank Sulut sebagai agen developmen di daerah, karena itu kredit produktif terus diperbesar,”  tandasnya.

Bank Sulut, lanjut dia,  ingin mencapai target 50 berbanding 50, artinya kredit produktif sebanding dengan kredit konsumtif, dan ini akan dilakukan secara bertahap. “Secara perlahan, kredit produktif terus didorong, sementara kredit konsumtif tetap ada penyaluran, tetapi besarannya tidak sebanyak tahun-tahun lalu,”  ungkapnya.

Kendati ekspansi kredit terus terjadi, menurut Kaligis,  t kualitasnya semakin membaik ditandai tingkat kredit bermasalah atau non performing loan (NPL) yang hanya berkisar 1%, jauh di bawah batas maksimum BI sebesar 5%. [yg/mtr]


@



Semester Pertama 2012, Kredit Bank Sulut Capai Rp 4,03 Triliun