Lowongan Kerja, mencari informasi kerja

Contact online

Objek Wisata Sulut Masih Banyak Belum Tergarap

MANADO BISNIS  – Potensi wisata di Sulut, ternyata masih  banyak yang belum tergarap  secara maksimal, selain nama besar Bunaken.
Makam waruga, objek wisata Sulut yang belum tergarap maksimal

Hal ini pun diakui  Sekretaris Himpunan Pramuwisata Indonesia (HPI) Sulut  Roy Howan. “Potensi wisata yang ada di daerah ini tidak hanya Taman Nasional Bunaken, sebab masih banyak yang belum dikelola dengan maksimal.  Kita bisa temukan potensi wisata laut seperti Pulau Lembeh. Air terjun, bahkan makam batu atau Waruga yang ada di Kabupaten Minahasa,”  ujarnya belum lama ini.

Bahkan menurut dia, makam batu atau Waruga yang ada di Kabupaten Minahasa sekarang ini akan dijadikan sebagai salah tujuan wisata seperti makam-makam yang ada di Cina. “Kami sementara menyusun modulnya. Mudah-mudahan dalam waktu dekat ini kami akan menyampaikan modul tersebut ke dinas pariwisata dan ekonomi kreatif Sulawesi Utara,” kata dia.

Howan mengatakan, selain di Kabupaten Minahasa, Kabupaten Minahasa Utara juga menyimpan potensi wisata yang unik yang tidak ditemukan di tempat lain, seperti ditemukannya sebuah lesung purbakala, atau sebuah makam batu yang berada di atas pohon beringin. Menurut dia, pada kebanyakan makam batu atau waruga dibuat di atas tanah, namun yang berada di atas pohon sangat unik karena untuk mengangkatnya saja butuh alat berat, meski demikian peninggalan peninggalan bersejarah tersebut akhirnya rusak setelah pohon ditebang dan waruga diturunkan karena mengancam keselamatan warga.

“Tapi di Kabupaten Minahasa Utara masih banyak menyimpan potensi wisata yang belum dikenal luas warga ataupun wisatawan,” ungkapnya.

Karena itu kata dia, HPI Sulawesi Utara yang telah dibentuk di Kota Manado, Kabupaten Kepulauan Sangihe, Talaud, Sitaro, Minahasa Kota Tomohon, dan Bitung terus melakukan pemetaan situs purbakala, objek wisata dan tempat-tempat asli yang ada di daerah ini. “Masyarakat juga dapat memberikan infomasi mengenai potesi wisata yang ada di daerah masing-masing sehingga semakin memberi warna mengenai keanekaragaman wisata di daerah ini,”  paparnya. [yg/mtr]


@



Objek Wisata Sulut Masih Banyak Belum Tergarap