Lowongan Kerja, mencari informasi kerja

Contact online

Produk Perikanan Sulut Laris Manis di Jerman

Ikan kayu, salah satu produk perikanan Sulut
MANADO BISNIS  – Jerman merupakan salah satu pasar potensial Sulut di bidang perikanan. Itulah sebabnya di tahun 2012 ini, produk perikanan Sulut laris manis di Negara eropa tersebut.

"Jerman, merupakan negara dengan dominasi ekspor yang cukup dominan, dan tahun ini diperkirakan terjadi pertumbuhan tinggi ke negara itu," kata Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan(DKP) Sulut, Joy Korah  pada sejumlah wartawan.

Dikatakannya,  kendati krisis keuangan masih melanda negara di kawasan Eropa termasuk Jerman, tetapi yakin komoditas perikanan diekspor ke negara tersebut tetap tinggi. "Ikan tetap dibutuhkan masyarakat, karena itu pasti akan tetap menjadi produk yang dicari pasar, termasuk masyarakat di kawasan Eropa khususnya Jerman," tandasnya.

Sulut, lanjut  Korah,  merupakan salah satu daerah dengan produksi perikanan yang cukup tinggi di Indonesia, dan salah satu pemasarannya yakni melalui ekspor ke berbagai negara termasuk Jerman. Selain Jerman, negara yang diharapkan tetap memberi sumbangsih tinggi terhadap ekspor perikanan Sulut yakni Jepang, Amerika Serikat, Arab Saudi dan Inggris. “Komoditas perikanan merupakan salah satu produk unggulan ekspor yang mendatangkan devisa cukup tinggi setiap tahun, hanya kalah dari produk turunan kelapa,” ujarnya.

Guna mendorong ekspor perikanan Sulut mengalami pertumbuhan tinggi,  ditambahkan Korah,   selain mengoptimalkan perikanan tangkap, juga pemberdayaan sistem budidaya perikanan.
Sementara itu, menurut Kepala Bidang Perdagangan Luar Negeri Disperindag Sulut Hanny Wajong, Jerman memang salah satu pasar  ekspor yang dominan bagi Sulut khususnya di bidang perikanan.  “Data ekspor perikanan Sulut ke berbagai negara di dunia pada tahun 2011 lalu tercatat berkisar 31 ribu ton, termasuk di dalamnya Jerman,  mampu mendatangkan devisa sebanyak 135 juta dolar AS,” papar Wajong. [yg/mtr]


@



Produk Perikanan Sulut Laris Manis di Jerman