Lowongan Kerja, mencari informasi kerja

Contact online

2013, KEK Bitung Terealisasi Pembangunannya

MANADO BISNIS  -  Gubernur Sulut  Sinyo Harry Sarundajang mengatakan, Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Tanjung Merah Bitung akan  terealisasi pembangunannya tahun 2013 mendatang.  Hal ini pun  menjadi pintu masuk peluang bisnis baru bagi Indonesia dan khususnya Sulut sendiri.
Gubernur Sulut SH Sarundajang (foto : ist)
   
Demikian dikatakan  gubernur  pada Rapat Koordinasi dan Sinkronisasi Rencana Pengembangan KEK,  dalam kerangka MP3EI dan Kerja Sama BIMP-EAGA dengan Kementerian Bidang Perekonomian dan Dewan KEK Nasional di Manado, Rabu(15/02)  kemarin, di Hotel Gran Kawanua Novotel Manado.

“Harapan ke depan KEK menjadi pintu gerbang baru bagi Indonesia di Pasifik, karena kedudukan geostrategis dan geoposisi tepat berada di pintu gerbang ke kawasan Pasifik,” ujar Sarundajang.

Diutarakan gubernur,  sejak penjajahan Belanda, tidak ada pintu gerbang baru yang dibangun di Indonesia, karena itu peluang KEK yang ditawarkan bagi Sulut harus mampu direbut dengan baik. Sebab  dewan KEK nasional, sudah melihat dan meminta untuk langsung ditawarkan kepada investor, sehingga paling lambat tahun 2013 kawasan KEK Tanjung Merah Bitung mulai realisasi pembangunannya.

"KEK Bitung sudah semakin populer, karena selalu muncul dalam setiap kesempatan oleh pemerintah, apalagi rencana pembangunan kawasan ini sudah ada dalam master plan Indonesia," ungkapnya.

Dengan begitu, menurut Sarundajang,  Sulut bisa menjadi gerbong ekonomi bila KEK jadi diwujudkan di Sulut, dan untuk mencapai hal tersebut, telah terbangun beberapa fasilitas seperti infrastruktur jalan, listrik, air dan tersedianya tanah yang memungkinkan pembangunannya bisa berlangsung cepat. “Sata optimistis KEK cepat terealisasi di Sulut, karena sudah punya pengalaman melalui Kapet Manado-Bitung,” papar Sarundajang.

Lebih lanjut dijelaskannya, pembentukan Badan Kapet Manado-Bitung  berdasarkan  hasil kajian pemerintah Sulut, yang  mempunyai  nilai ekonomi yang sangat tinggi, ini juga bisa menjadi dasar motivasi daerah untuk secepatnya merealisasikan KEK. Karena  peran Sulut yang sangat dominan dalam mendukung kerja sama regional BIMP-EAGA, menjadi modal penting sehingga KEK Tanjung Merah Bitung ini segera dimulai pembangunannya.

"Saya optimistis KEK Manado Bitung akan berkembang pesat, apalagi dukungan pemerintah pusat yang serius terbukti dengan disetujuinya pembangunan jalan Tol Manado-Bitung," yakin gubernur. [yg/mtr]


@



2013, KEK Bitung Terealisasi Pembangunannya