Lowongan Kerja, mencari informasi kerja

Contact online

Bulog Jamin Beras di Kepulauan Sulut Aman

Beras bulog tersimpan di gudang (foto : ist)
MANADO BISNIS  – Cuaca yang kurang mendukung  belakangan ini,  untuk transportasi laut di daerah kepulauan Sulut, membuat warga khawatir soal kebutuhan pokok yakni beras.  Namun  Perum Bulog Divisi Regional (Divre) Sulut menjamin pasokan beras terjaga aman di daerah kepulauan, Sitaro, Sangihe dan Talaud dalam beberapa bulan ke depan.

“Bulog akan menjaga beras tetap terdistribusi di gudang Kabupaten Kepulauan Siau Tagulandang Biaro(Sitaro), Sangihe dan Talaud, kendati cuaca perairan dalam kondisi buruk sekalipun," kata Kepala Bidang Pelayanan Publik Perum Bulog Divre Sulut, Noldy Tumigolung.

Dikatakannya, Bulog sudah berpengalaman memanfaatkan moda transportasi laut yang ada guna menyuplai beras ke kawasan tersebut. "Yang agak berat memang ke Talaud dan Sangihe, tetapi sampai sekarang bisa teratasi, terbukti gudang yang ada di dua kabupaten kepulauan tersebut dalam kondisi cukup,"  ungkapnya.

Terjaminnya pasokan beras ke kabupaten kepulauan sehingga mampu terjaga dengan baik, lanjut Tumigolung,  karena Bulog sendiri memberi perhatian serius terhadap ketersediaan bahan kebutuhan bahan pokok masyarakat di kawasan itu."Ada lima gudang Bulog di kawasan kepulauan, yakni gudang Tahuna, Lirung, Beo, Siau dan Melonguane," tandasnya.

Stok beras yang ada di kelima gudang Bulog di kawasan kepulauan tersebut, menurut Tumigolung,  hingga awal pertengahan Februari 2012 mencapai 974,94 ton. Beras tersebut tersebar di gudang Tahuna (Sangihe) sebanyak 853,38 ton, gudang Lirung(Talaud) 10,35 ton, gudang Beo(Talaud) 13,21 ton, gudang Siau(Sitaro) 89,44 ton dan gudang Melonguane(Talaud) 8,56 ton.

Sementara itu,  Kepala Bidang Perdagangan Dalam Negeri, Disperindag Sulut, Ria Dunggio mengatakan, guna menjaga distribusi bahan pangan ke kawasan kepulauan terutama Sangihe dan Talaud, maka pemerintah Propinsi Sulut bekerja sama dengan TNI-AL. "Dalam kondisi perairan berombak, maka pengangkutan bahan pangan ke Sangihe dan Talaud menggunakan kapal Angkatan Laut, tetapi dalam kondisi normal dengan pengangkutan laut umum," paparnya. [yg/mtr]


@



Bulog Jamin Beras di Kepulauan Sulut Aman