Lowongan Kerja, mencari informasi kerja

Contact online

BI Manado Himbau Perbankan Turunkan Bunga Pinjaman

MANADO BISNIS  – Menyusul penurunan BI rate  dari enam persen menjadi 5,75 persen,  membuat Bank Indonesia(BI) Manado menghimbau perbankan di Sulut menurunkan suku bunga pinjaman menyesuaikan penurunan BI Rate  tersebut.
                   
Hal ini dikatakan langsung Pemimpin BI Manado Ramlan Ginting.  “Penurunan suku bunga tersebut dalam upaya mendorong perekonomian daerah makin berputar, karena itu BI menghimbau perbankan melakukan penyesuaian,” pintanya.

BI, kata  Ginting,  memang tidak bisa memaksa, tetapi menghimbau pengelola bank melakukan penyesuaian dengan tingkat BI rate yang semakin rendah. Berapa besar penurunan suku bunga yang ideal, masing-masing bank punya hitungan sendiri. “Penghitungan suku bunga pinjaman memperhitungkan cost of fund dana pihak ketiga dan margin,” ujarnya.

Jadi perhitungan tingkat suku bunga pinjaman perbankan,  menurut Ginting,  berdasarkan angka yang dinilai efisien oleh masing-masing bank bersangkutan.

Sementara itu, CEO Regional BNI Wilayah Manado, Emil Ermindra mengatakan, sistem penerapan bunga bank pada umumnya akan selalu searah dengan kebijakan moneter dan perkembangan pasar.  “BI sebagai bank komersial mendukung program pembangunan pemerintah,” tandasnya.

Karena itu, ditambahkan Emil,  secara bertahap pasti akan menyesuaikan suku bunga pinjaman dan simpanan mengikuti perkembangan pasar. "Penurunan suku bunga pinjaman ini akan mendorong peningkatan pinjaman, dengan demikian sektor riil akan berputar mendorong pertumbuhan ekonomi,” ungkapnya. [yg/mtr]


@



BI Manado Himbau Perbankan Turunkan Bunga Pinjaman