Lowongan Kerja, mencari informasi kerja

Contact online

IHP Bitung Segera Terwujud

Pelabuhan Bitung akan menjadi pelabuhan IHP (foto : ist)
MANADO BISNIS  – Warga Sulut dan lebih khusus Kota Bitung patut  berbangga, karena pembangunan International Hub Port (IHP) bakal segera terwujud.

Menurut  Gubernur Sulut  Sinyo Harry Sarundajang, investor Korea dan China telah menyatakan kesiapan membangun  IHP Bitung. “Investor Korea dan China mau membangun Pelabuhan Bitung asalkan ada konsesi berapa tahun,” ujar gubernur.

Dijelaskannya,  kesiapan Korea dan China membangun Pelabuhan Bitung akan mempercepat pembangunan Kawasan Ekonomi Khusus(KEK) Bitung, karena investor tersebut pasti akan merelokasi industri mereka ke Bitung. Namun begitu,

Investasi membangun pelabuhan Bitung dari pihak asing,  pasti tidak mudah seperti yang kita perkirakan, untuk itu perlu keterlibatan semua pihak terkait mulai dari bawah. “Daerah harus mempersiapkan sebaik-baiknya  semua unsur pendukungnya agar investasi tersebut berlangsung mulus," papar gubernur.

Sementara itu,  Dirjen Pengembangan Perwilayahan Industri Kementerian Perindustrian, Dedi Mulyadi menyambut positif adanya investor asing untuk membangun IHP. "Investor asing silahkan saja, itu justru sangat bagus, asalkan masyarakat harus terlibat bukan hanya Satpam saja, tetapi ikut dalam proses yang ada disitu,” ungkapnya.

Akan halnya  Asisten Ekonomi dan Pembangunan Pemerintah Propinsi Sulut, Roy Roring mengatakan, kehadiran IHP dalam kawasan ekonomi khusus (KEK) sangat penting dan strategis, karena itu pemerintah daerah akan terus mendorong agar rencana pembangunannya segera terlaksana. "Pemerintah daerah terus berupa agar hub port segera dibangun di Bitung, karena ini akan mendukung KEK,” pungkasnya. [yg/mtr]


@



IHP Bitung Segera Terwujud