Lowongan Kerja, mencari informasi kerja

Contact online

Triwulan I, BI Prediksikan PE Sulut 7,41 Persen

Pemimpin BI Manado Ramlan Ginting (foto : ist)
MANADO BISNIS  – Pada triwulan I tahun 2012 berjalan ini, Bank Indonesia (BI) Manado memprediksi pertumbuhan ekonomi (PE) Sulut  dalam kisaran 7,21 persen sampai 7,41 persen.

Menurut Pemimpin BI Manado Ramlan Ginting, beberapa faktor yang mendorong laju pertumbuhan ekonomi Sulut pada triwulan I tersebut  di antaranya, kenaikan Upah Minimum Propinsi (UMP), gaji PNS/TNI/Polri per 1 Januari 2012 dan pembangunan infrastruktur swasta . “Serta terpilihnya Kota Manado sebagai tempat perheletan event internasional Asean Tourism Forum (ATF),” tandasnya.

Dari sisi permintaan, lanjut Ginting, potensi peningkatan pertumbuhan ekonomi didorong oleh kegiatan konsumsi dan membaiknya kinerja investasi Sulut. Selain itu, peningkatan konsumsi swasta pada triwulan laporan dipengaruhi oleh semakin membaiknya yang diberikan pada PNS/TNI/Polri per Januari 2012.  “Kondisi ini antara lain dapat dikonfirmasi melalui hasil survey konsumen Kota Manado, yang menunjukkan optimisme  masyarakat terhadap kondisi ekonomi enam bulan mendatang,” papar Ginting.

Hal ini pun  menurut Pemimpin BI  Manado ini, tercermin dari kenaikan seluruh komponen pembentuk indeks ekspektasi konsumen yakni indeks ekspektasi ekonomi, indeks ekspektasi penghasilan dan indeks ekspektasi ketersediaan tenaga kerja. “Peningkatan kinerja konsumsi  juga tercermin dari semakin bertambahnya pusat-pusat perbelanjaan di Kota Manado,” jelas Ginting.

Sementara kinerja investasi di awal tahun 2012 ini,  ditambahka Ginting, diperkirakan terus tumbuh positif seiring dengan semakin pesatnya perkembangan perekonomian Sulut. “Sektor yang berpotensi mendatangkan investasi salah satunya adalah sektor pertambangan. Saat ini ada lima investor yang masuk di Sulut di bidang pertambangan emas,” ungkap Ginting.  [yg/mtr]


@



Triwulan I, BI Prediksikan PE Sulut 7,41 Persen