Lowongan Kerja, mencari informasi kerja

Contact online

Juni, PKH Tahap Dua di Sulut Dicairkan

Pelayanan di Kantor Pos (foto : ist)
MANADO BISNIS  – Juni 2012, pembayaran dana Program Keluarga  Harapan (PKH)  tahap kedua  bagi Rumah Tangga Sangat Miskin (RTSM)  di Sulut akan terealisasi.

Asisten Manajer Giro dan Penyaluran dana PT Pos Indonesia Manado Felix Mardjun  mengatakan, verifikasi terhadap rumah tangga sangat miskin yang akan menerima dana  PKH  tersebut telah selesai. "Data verifikasi tersebut telah dikirim ke pusat," ujarnya.

Data yang dimaksud, lanjut dia,  antara lain penerima PKH yang dilayani PT Pos Indonesia Manado masing-masing RTSM di Kabupaten Minahasa, Kabupaten Minahasa Selatan, Kota Manado dan Bota Bitung. Data verifikasi ini penting untuk mengetahui apakah RTSM itu masih berhak menerima dana tersebut atau tidak. Sebab bisa saja ada RTSM yang tidak layak lagi karena anaknya sudah duduk di bangku SMA, atau tidak memanfaatkan dana PKH itu sesuai peruntukannya. "Bisa saja jumlah RTSM penerima dana PKH tahap dua tidak sama dengan tahap satu," tandasnya.

Sebelumnya PT Pos Indonesia Manado telah menyalurkan dana PKH yang merupakan bantuan pemerintah tersebut pada tahap pertama 2012 sekitar Rp3,77 miliar. Dana miliaran rupiah tersebut disalurkan kepada sekitar 12.405 RTSM di Kota Manado, Kota Bitung, Kabupaten Minahasa dan Kabupaten Minahasa Selatan. Dalam pelaksanaan penyaluran dana itu, telah terealisasi sekitar 99,99 persen atau satu RTSM tidak mengambilnya. “Dana PKH yang tidak diambil sekitar Rp350 ribu tersebut kemudian dikembalikan ke kas Negara,” ungkap Mardjun.

Diketahui, Dana PKH  merupakan bantuan dari pemerintah untuk membantu rumah tangga miskin pada sektor pendidikan dan kesehatan, kantor pos hanya menyalurkannya. [yg/mtr]


@



Juni, PKH Tahap Dua di Sulut Dicairkan