Lowongan Kerja, mencari informasi kerja

Contact online

Vietnam Minati Bungkil Kelapa Sulut

Bungkil merupakan produk turunan kelapa (foto : ist)
MANADO BISNIS  -  Bungkil kopra, atau lasimnya disebut oleh masyarakat Sulut tai minya berhasil diekspor ke Vietnam  sebanyak  3.254,98 ton  guna memenuhi kebutuhan pakan ternak sejumlah usaha peternakan di negara Asean tersebut.

"Ekspor bungkil kopra ke Vietnam mendatangkan devisa bagi Sulut sebanyak 557.284 dolar Amerika Serikat (AS)," kata Kepala Bidang Perdagangan Luar Negeri, Dinas Perindustrian dan Perdagangan(Disperindag) Sulut, Hanny Wajong.

Dikatakannya, bungkil kopra termasuk dalam kelompok produk turunan kelapa, yang sejak beberapa tahun lalu menjadi komoditas ekspor Sulut. "Memang bungkil kopra masuk sebagai komoditas ekspor kendati tidak sedominan minyak kelapa kasar, tetapi cukup memberi topangan pada perolehan devisa bagi Sulut,"  ujarnya.

Vietnam,  menurut Wajong, merupakan salah satu daerah tujuan ekspor yang menunjukkan perkembangan dalam beberapa tahun belakangan ini. "Kendati pengiriman komoditas unggulan Sulut ke Vietnam belum kontinu, tetapi volume dikirim menunjukkan peningkatan yang cukup menggembirakan," ungkapnya.

Dia pun  berharap terjadi peningkatan ekspor ke negara Asean termasuk Vietnam, karena pertumbuhan ekonomi negara di kawasan yang memperlihatkan kecenderungan meningkat dibanding belahan dunia lainnya."Negara Asean masuk sebagai pasar non tradisional yang memperlihatkan potensi cukup besar, diantaranya Vietnam," papar Wajong. [yg/mtr]


@



Vietnam Minati Bungkil Kelapa Sulut