Lowongan Kerja, mencari informasi kerja

Contact online

Jamsostek Sulut ‘Buru’ Pesertanya Meningkat

Kantor Jamsostek Sulut (foto : MANADO BISNIS)
MANADO BISNIS  - PT Jaminan Sosial Tenaga Kerja (Jamsostek) Cabang Sulut menargetkan peningkatan kepesertaan perusahaan hingga tiga kali lipat pada akhir 2012. "Hingga Mei 2012 perusahaan di Sulut yang jadi peserta Jamsostek sebanyak 111 perusahaan, kita targetkan sampai akhir tahun ini bisa mencapai 382 perusahaan," kata Kepala Cabang PT. Jamsostek Sulut Arief Budiarto.

Dikatakannya,  guna meningkatkan kepesertaan jaminan pekerja di daerah ini, pihaknya proaktif melakukan pendekatan kepada pemilik perusahaan yang ada di daerah ini. "Kita proaktif mendatangi pemilik perusahaan sekaligus menjelaskan bahwa jaminan pekerja merupakan kewajiban perusahaan sebagaimana diatur dalam undang undang tentang jaminan sosial tenaga kerja," kata Arief.

Jamsostek berharap pemilik perusahaan yang ada di daerah ini menyadari kewajibannya terhadap para pekerja. "Prinsip jaminan pekerja ini adalah menguntungkan kedua belah pihak, karena bila terjadi kecelakaan atau musibah, maka perusahaan tidak perlu mengeluarkan uang dari dana perusahaan, melainkan sudah ada dana jaminan di Jamsostek yang disetorkan melalui iuran setiap bulan,” ujarnya.

Selain cara persuasif kepada pemilik perusahaan, lanjut Arif, Jamsostek juga melakukan pendekatan pada serikat buruh dan pekerja yang ada di masing-masing perusahaan. "Pendekatan dilakukan dengan sosialisasi kepada serikat buruh tentang manfaat ikut serta program Jamsostek serta mengetahui hak dan kewajiban buruh,"  ungkapnya.

Perusahaan yang menjaminkan pekerjanya melalui keikutsertaan di Jamsostek,  menurut dia, berarti menciptakan hubungan yang baik dengan para pekerja, dan imbasnya produktivitas bakal tercipta terus menerus. Bila sudah menjadi peserta, maka perusahaan diharapkan menyetorkan secara teratur dan lunas semua iuran para pekerja, sehingga bila terjadi klaim, bisa berjalan lancar. "Menjadi tekad Jamsostek memberi pelayanan terbaik, klaim kita bayar secepatnya asalkan administrasinya baik," paparnya. [yg/mtr]



@



Jamsostek Sulut ‘Buru’ Pesertanya Meningkat