Lowongan Kerja, mencari informasi kerja

Contact online

Turunan Kelapa Sulut Difokuskan Jadi Industri Hilirisasi

Kegiatan Disperindag Sulut (foto : MANADO BISNIS)
MANADO BISNIS  – Guna pengembangan komoditas daerah, maka Pemprop Sulut melalui  Dinas Perindustrian dan Perdagangan(Disperindag)  memprogramkan pengembangan industri berbasis hilirisasi dalam upaya menambah nilai tambah.

"Pemerintah daerah terus melakukan sosialisasi manfaat industri berbasis hilirisasi guna pengembangan komoditas daerah sehingga dapat memberi manfaat lebih besar kepada masyarakat. Turunan kelapa yang akan difokuskan kami,"kata  Kepala Bidang Perindustrian, Disperindag Sulut, Benny Nongkan.

Dikatakannya,  program hilirisasi diharapkan dapat terwujud dalam kurun waktu lima tahun ke depan. Dan  guna mewujudkan program industri hilirisasi, maka tahun ini mulai gencar dilakukan sosialisasi kepada masyarakat dan semua pihak terkait dengan industri dan perdagangan. "Sosialisasi sebagai salah satu upaya secara perlahan merubah kebiasaan masyarakat petani daerah ini, yang lebih suka memasarkan produk dalam bentuk bahan primer, ke produk jadi," tandasnya.

Membangun industri berbasis hilirisasi,  menurut Nongkan, memang butuh pembiayaan yang cukup besar, karena itu telah merancang program dengan sebaik-baiknya termasuk analisa pembiayaan. Produk turunan kelapa,  merupakan salah satu yang jadi fokus diterapkannya hilirisasi."Selama ini petani Sulut menjual kopra ke pabrikan, nah kita ingin merubah agar dapat dihasilkan sudah dalam bentuk sabun, shampo serta bahan pangan lain yang dibutuhkan masyarakat baik dalam negeri hingga mancanegara,"  pungkasnya. [yg/mtr]


@



Turunan Kelapa Sulut Difokuskan Jadi Industri Hilirisasi