Lowongan Kerja, mencari informasi kerja

Contact online

Warga Khawatir, Terjadi Kelangkaan Telur

Kadis Indag Sulut Sanny Parengkuan (foto : MANADO BISNIS)
MANADO BISNIS – Kenaikan harga telur di pasaran saat ini, dan akan melonjaknya permintaan saat bulan puasa dan Lebaran, membuat sejumlah warga khawatir Sulut akan mengalami kelangkaan telur.

“Harga telur sekarang sudah naik, padahal baru akan memasuki bulan puasa dan Lebaran. Apalagi kalau sudah hari raya permintaan pasti akan melonjak. Kami khawatir akan terjadi kelangkaan telur,” keluh Ratna, ibu rumah tangga (IRT) yang tinggal di Malalayang II Kota Manado.

Sementara itu data Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag)  Sulut,  untuk memenuhi kebutuhan telur  masyarakat mengahadapi Lebaran 2012, sedikitnya 15 juta butir telur harus disiapkan. “Kebutuhan telur menghadapi lebaran diperkirakan akan meningkat 200 persen. Kebutuhan telur pada hari normal mencapai 5 juta butir setiap bulannya diperkirakan naik 200 persen hadapi Lebaran menjadi 15 juta butir,"  ujar Kepala Disperindag Sulut Sanny Parengkuan.

Dikatakannya, pasokan telur terbesar dari peternak lokal. "Sekitar 70 persen telur dipasok peternak lokal dan 30 persen dari peternak di Pulau Jawa dan Sulawesi Selatan," jelasnya.

Sementara itu, pantauan harian ini disejumlah pasar tradisional di Kota Manado, harga telur mengalami kenaikan yang cukup tajam. Gustav Karinda, pedagang telur yang beraktifitas di Pasar Pinasungkulan Karombasan mengatakan terpaksa harga telur kita naikkan karena stok yang ada di pasaran mulai menipis. "Stok telur di tangan pedagang kurang, sehingga  kenaikan harga telur hingga 35 persen,” paparnya.

Penyebabnya, menurut dia, pasokan dari peternak berkurang hampir separuh dari kondisi normal,  sehingga  terjadi kenaikan harga telur, jika sebelumnya Rp29 ribu per baki menjadi Rp39 ribu per baki(isi 30 telur).
Disperindag Sulut sendiri mengaku  akan melakukan monitoring ke pasaran guna mencari penyebab harga telur di pasaran. "Kenaikan harga telur terjadi beberapa hari terakhir ini, karena itu tim pengawasan akan turun memantau di pasaran," ujar Kepala Disperindag Sulut Sanny Parengkuan, seraya menambahkan tim selain memantau ketersediaan telur di pasaran Manado, juga akan melakukan monitoring pada peternak telur yang ada di daerah ini.  [yg/mtr]


@



Warga Khawatir, Terjadi Kelangkaan Telur