Lowongan Kerja, mencari informasi kerja

Contact online

Asia Masih Kuasai Ekspor Sulut

MANADO BISNIS  – Pada semester pertama 2012 ini, negara-negara di kawasan Asia masih  menjadi pasar utama ekspor Sulut,  menyusul tujuh negara Asia masuk sebagai 10 besar pembeli komoditas unggulan Sulut.
Pelabuhan Bitung sarana ekspor Sulut

"Ada tujuh negara Asia yang masuk sebagai 10 besar pasar utama Sulut yakni China, Korea Selatan, Malaysia, Jepang, Singapura, Filipina, dan Thailand," kata Kepala Badan Pusat Statistik(BPS) Sulut, Dantes Simbolon.

Dikatakannya, ketujuh negara Asia tersebut mampu menghasilkan devisa sebesar 250,6 juta dolar AS, atau  42,4 persen dari total ekspor semester pertama tahun 2012 yang tercatat sebesar 590,4 juta dolar AS. Dari ketujuh negara Asia yang membeli komoditas unggulan Sulut tersebut,  yang paling tinggi tingkat pembeliannya yakni China, Korea Selatan dan Malaysia.

"China, Korea Selatan dan Malaysia masing-masing diurutan kedua, kempat dan kelima dalam lima besar penyumbang devisa ekspor Sulut semester pertama 2012,  urutan pertama yakni Belanda dan ketiga Amerika Serikat," jelas Simbolon.

Ditambahkan Kepala Bidang Perdagangan Luar Negeri, Disperindag Sulut, Hanny Wajong, dominasi pasar ekspor komoditas unggulan Sulut ke pasar Asia, sudah sesuai harapan."Krisis keuangan yang melanda negara kawasan Eropa menimbulkan kekhawatiran terhadap ekspor ke negara tersebut, karena itu sebagaimana harapan Kementerian Perdagangan, maka Sulut juga memanfaatkan potensi pasar Asia sebagai salah satu pasar potensial," ungkapnya.

Pasar Asia, lanjut Wajong, diyakini merupakan peluang pasar potensial, yang ditunjukkan pertumbuhan ekonominya cukup baik.[yg/mtr]


@



Asia Masih Kuasai Ekspor Sulut