Lowongan Kerja, mencari informasi kerja

Contact online

Kondisi Konsumen Sulut Masih Terjaga

Kepala BPS Sulut Dantes Simbolon
MANADO BISNIS - Konsumen Sulut,  kondisi perekonomiannya masih tetap terjaga dan relatif  meningkat. Hal ini dibuktikan dengan  Indeks Tendensi Konsumen (ITK) yang dikeluarkan Badan Pusat Statistik (BPS) setempat,   pada triwulan II 2012 memperlihatkan kondisi ekonomi konsumen mengalami peningkatan dari triwulan sebelumnya. Membaiknya kondisi ekonomi konsumen terutama didorong dari peningkatan rumah tangga.

"Tingkat inflasi selama bulan April-Mei 2012 sedikit menurun dibandingkan triwulan sebelumnya sehingga tingkat konsumsi rumah tangga meningkat. Peningkatan tingkat konsumsi rumah tangga pada triwulan II dipengaruhi budaya Pengucapan Syukur sebagian masyarakt Sulut pada awal bulan Juli berkaitan dengan panen raya cengkih," kata Kepala BPS Sulut, Dantes Simbolon.

Dikatakannya,  rata-rata  pendapatan rumah tangga sebulan dengan kondisi ekonomi di triwulan II 2012 di dominasi konsumen dengan pendapatan Rp 2 juta keatas. Hal ini didorong besarnya peningkatan pendapatan rumah tangga dan tingkat konsumsi beberapa komoditi makanan. "Sedangkan untuk konsumen dengan pendapatan Rp 2 juta ke bawah walaupun tingkat pendapatan dan tingkat konsumsi beberapa komoditi makanannya lebih rendah dibandingkan dengan kelompok Rp 2 juta keatas. Tetapi pengaruh inflasi terhadap konsumsi makanan sehari-hari relatif lebih rendah dari kelompok konsumen Rp 2 juta keatas," jelasnya.

BPS memperkirakan,  nilai ITK Sulut pada triwulan III 2012 akan terus membaik dan tingkat optimisme konsumen akan lebih tinggi bila dibandingkan dengan triwulan II 2012. Perkiraan membaiknya kondisi ekonomi konsumen pada triwulan III 2012 didorong peningkatan pendapatan rumah tangga dan rencana pembelian barang tahan lama. "Perbaikan ekonomi konsumen pada triwulan III 2012 diperkirakan hanya terjadi pada rumah tangga berpendapatan kurang dari Rp 2 juta. Kondisi ekonomi konsumen untuk rumah tangga berpendapatan Rp 2 juta keatas diperkirakan menurun karena mereka memperkirakan pendapatan rumah tangganya tetap atau bahkan menurun sehingga tak punya rencana untuk membeli barang- barang lama," terang Simbolon. [yg/mtr]


@



Kondisi Konsumen Sulut Masih Terjaga