Lowongan Kerja, mencari informasi kerja

Contact online

Sulut Koleksi 73.621 UMKM


MANADO BISNIS  – Sulut ternyata memiliki 73.621 unit Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM)  yang sedang tumbuh dan berkembang sesuai data terakhir Mei 2012 lalu.
Keramik salah satu produk UMKM Sulut

Hal ini diakui kata Kepala Biro Perekonomian Sekretaris Daerah (setda) Propinsi Sulut, Adry Manengkey."Tujuh puluh tiga ribu lebih UMKM ini tersebar di 15 kabupaten dan kota yang ada di Sulut. Masing-masing memiliki jumlah aset, omzet serta penyerapan tenaga kerja yang berbeda-beda," ujarnya.

Diutarakan Menengkey, pertumbuhan dan perkembangan UMKM di daerah ini tidak lepas dari pembinaan serta permodalan yang diberikan untuk menopang aktivitas UMKM yang ada di kabupaten dan kota.  Kebanyakan UMKM mendapatkan suntikan modal yang bersumber dari pemerintah daerah atau dari mitra kerja perbankan.

"Memang kalau bantuan modal dari pemerintah kecil dibandingkan dengan modal yang dikucurkan dari setiap bank. Tapi kami patut memberikan apresiasi karena UMKM di daerah ini terus bertumbuh, meski mengalami pasang-surut," ungkapnya.

Dia menjelaskan, unit usaha mikro yang bertumbuh di daerah ini sebanyak 50.739 unit, sementara usaha kecil dan menengah masing-masing berjumlah 20.288 unit usaha dan 2.594 unit usaha. Di Sulut sendiri  ada tiga daerah dengan pertumbuhan unit UMKM yang cukup signifikan dibanding dengan daerah kabupaten dan kota lainnya, yaitu Kota Manado, Bitung dan Tomohon. Di Kota Manado, tumbuh sebanyak 13.672 unit UMKM, Kota Bitung sebanyak 13.059 unit UMKM dan Kota Tomohon sebanyak 11.682 unit UMKM. "Total dari 73.621 unit UMKM yang tersebar di kabupaten dan kota di Provinsi Sulut berhasil menyerap 179.987 tenaga kerja,"  paparnya. [yg/mtr]




@



Sulut Koleksi 73.621 UMKM