Lowongan Kerja, mencari informasi kerja

Contact online

BI Dorong Pengembangan Sektor Riil Sulut

Pemimpin BI Manado Ramlan Ginting (foto : ist)
MANADO BISNIS– Sektor  rill di Sulut kian dipacu pengembangannya di tahun 2012. Ini dibuktikan dengan kepedulian  Bank Indonesia (BI)  Manado memberikan bantuan dana pendampingan bagi petani di Sulut.

Seperti halnya petani  stroberi organik di Kelurahan Rurukan, Kecamatan Tomohon Timur, Kota Tomohon,  mendapat bantuan  sebesar Rp20 juta.

Pemimpin BI Manado Ramlan Ginting  mengatakan, dana pendampingan ini untuk mendorong budidaya tanaman buah tersebut pada areal seluas empat hektare (Ha). “Dengan penyerahan bantuan pendampingan ini, berarti total areal penanaman stroberi organik yang sudah difasilitasi BI Manado seluas delapan Ha,” ujarnya.

Dana berbentuk hibah tersebut,  lanjut Ginting, berasal dari dana BI untuk pengembangan sektor riil 2011. Tanaman stroberi merupakan salah satu tanaman holtikultura yang potensinya besar, karena nilai ekonomisnya tinggi, karena itu BI membantu pemberdayaannya dengan sasaran akhir pertumbuhan sektor riil.

“Pasar buah stroberi sangat besar, bukan hanya pasar lokal seperti Manado, Tomohon dan daerah lainnya di Sulut yang membutuhkan, tetapi juga berpeluang masuk ke pasaran daerah lain bahkan tidak menutup kemungkinan ekspor,” paparnya.

Ketua Kelompok Tani Kina Rurukan Tomohon, Ir Maxi Wowiling mengatakan, dana pendampingan yang diberikan BI sangat memotivasi petani untuk terus terpacu mengembangkan tanaman stroberi lebih luas. "Kami berterima kasih kepada BI yang sangat peduli terhadap tanaman buah stroberi sehingga tahap pertama sudah berhasil ditandai panen raya dengan hasil dan kualitas yang cukup baik,” ungkapnya. [yg/mtr]


@



BI Dorong Pengembangan Sektor Riil Sulut