Lowongan Kerja, mencari informasi kerja

Contact online

“Persyaratan KEK Bitung Harus Segera Dilengkapi"

Pelabuhan Samudera Bitung (foto : ist)
MANADO BISNIS – Kesiapan pembangunan Kawasan Ekonomi Khusus  (KEK) di Kota Bitung, ditinjau oleh dua wakil menteri, masing-masing, Wakil Menteri Perdagangan Bayu Krisnamurthi dan  Wakil Menteri Perindustrian Alex SW Retraubun. Kedua pun berharap persyaratan KEK harus segera dilengkapi Kota Bitung.

Perkunjungan ini dilakukan, belum lama ini, yang langsung diterima Walikota Bitung Hanny Sondakh. Menurut   Wakil Menteri Perindustrian Alex SW Retraubun Pemerintah Kota Bitung diharapkan segera melengkapi semua bentuk persyaratan yang diperlukan dalam pengusulan KEK. “Batas waktu melengkapi usulan penetapan KEK tinggal satu bulan lebih dan di harapkan Pemprop  Sulut jangan membiarkan peluang emas ini,” tandasnya.

Sementara itu usai melakukan pertemuan di BPU Pemkot Bitung, dua Wakil Menteri ini kemudian melakukan kunjungan ke Wilayah KEK di Kelurahan Tanjung Merah, Manembo-nembo, Pelabuhan Peti Kemas, dan Pelabuhan Samudera Bitung.

Dalam kunjungan ke sejumlah infrastruktur penunjang KEK  kedua Wakil Menteri ini didampingi oleh Wakil Gubernur Sulut Djouhari Kansil, Walikota Bitung Hanny Sondakh, Wawali MJ Lomban, Sekdakot Edison Humiang, serta sejumlah pejabat Pemprop dan Pemkot Bitung.

Di pihak lain, menurut Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Sulut Sanny Parengkuan, kunjungan dua pejabat dari pusat ini tergabung pada   tim nasional dalam Komite Percepatan dan Perluasan Pembangunan Ekonomi Indonesia (KP3EI). “Wakil Menteri Perdagangan RI selaku Wakil Ketua Tim Konektivitas bersama Menteri Perhubungan dan Wakil Menteri Perindustrian,” ujarnya.

Dalam kunjungan tersebut, ditambahkan Parengkuan, berdasarkan surat dari Direktorat Jenderal Perdagangan Dalam Negeri, Kementerian Perdagangan RI yang diterimanya. “Dalam kunjungan tersebut, tim konektivitas nasional KP3EI melakukan koordinasi dengan berbagai pemerintah daerah dan instansi terkait  pengembangan Pelabuhan Bitung dan kawasan Tanjung Merah. “Pemerintah daerah berharap kedatangan tim dari Jakarta ini akan mempercepat proses pembangunan KEK Tanjung Merah Bitung,” pungkasnya. [yg/mtr]


@



“Persyaratan KEK Bitung Harus Segera Dilengkapi"