Lowongan Kerja, mencari informasi kerja

Contact online

Buah Stroberi Berhasil Dibudidayakan di Sulut

Buah stroberi sudah terdapat di Sulut (foto : ist)
MANADO BISNIS -  Ternyata buah stroberi telah berhasil dibudidayakan di Sulut.  Ini menyusul buah stroberi yang ditanam  di kaki gunung Tintingon dan Mahawu Kelurahan Rurukan, Kota Tomohon,   yang difasilitasi Bank Indonesia (BI) Manado siap dipanen.

"Rencana panen akan dilakukan akhir Februari 2012 dengan produksi awal diperkirakan berkisar 20 ton," kata Pemimpin BI Manado Ramlan Ginting.

Dikatakannya,  bantuan BI kepada petani, melalui kelompok tani di Rurukan, mulai dari benih hingga bantuan pembiayaan dan penanaman tanaman buah tersebut. "Kawasan Rurukan, salah satu daerah dataran tinggi di Sulut, sangat cocok untuk penanaman buah stroberi, karena itu BI tertarik untuk mengembangkan lebih luas agar produksi bisa ditingkatkan," tandasnya.

Sementara itu,  Peneliti Ekonomi Madya BI Manado Eko Siswantoro mengatakan, pengembangan buah stroberi di Rurukan Tomohon diharapkan mendapat dukungan dari perbankan yang ada di daerah ini. "Buah stroberi punya potensi pemasaran sangat luas baik di Kota Manado maupun daerah sekitarnya di Sulut, karena itu sangat layak untuk dibiayai perbankan,"  ungkap Eko.

Selain pasarnya terbuka lebar,  lanjut Eko, harga buah stroberi di pasaran saat ini cukup mahal, hal ini menciptakan peluang bagi petani untuk mendapatkan pendapatan yang lebih besar.  “Apa yang dilakukan BI Manado diharapkan merangsang perbankan di daerah ini untuk membantu pembiayaan petani stroberi terutama di daerah potensial seperti Rurukan Tomohon,” paparnya.

Diketahui,  Kawasan Rurukan Tomohon, merupakan salah satu daerah yang sudah diteliti sangat cocok untuk penanaman buah stroberi, dan petani sudah membuktikannya dengan melakukan penanaman awal dan ternyata hasilnya cukup menjanjikan. [yg/mtr]


@



Buah Stroberi Berhasil Dibudidayakan di Sulut