Lowongan Kerja, mencari informasi kerja

Contact online

Permintaan Listrik Skala Kecil di Sulut Capai 7.000 Unit

MANADO BISNIS -  Listrik "solar home system"  (SHS) berskala kecil di Sulut  untuk tahun 2012 sekitar 7.000 unit.

Kepala Dinas Energi Sumberdaya Mineral Sulawesi Utara (Sulut) Boy Tamon  mengatakan, permintaan yang masuk dari sejumlah kabupaten dan kota di Sulut akan listrik SHS mencapai sekitar 7.000 unit. "Sedangkan alokasi yang disiapkan untuk tahun ini sekitar 300 unit," kata Tamon.

Dikatakannya,  permintaan ribuan unit akan listrik SHS ini menunjukkan kondisi di daerah masih banyak masyarakat yang membutuhkan bantuan itu. Kondisi ini bisa terjadi karena beberapa faktor, antara lain, jaringan listrik belum sampai pada rumah masyarakat. "Serta penghasilan masyarakat tersebut masih rendah, yang kemungkinan tidak memiliki kemampuan untuk akses listrik PLN," paparnya.

Pada tahun 2011, lanjut Tamon,  sekitar 700 lebih listrik SHS sudah didistribusikan ke masyarakat di daerah itu. Ratusan unit SHS itu berasal dari dana APBD dan diberikan kepada masyarakat yang berada di Kabupaten Sangihe, Kabupaten Sitaro, Kota Bitung, Kabupaten Minahasa Utara, Kabupaten Bolaang Mongondow Timur dan Kota Tomohon. Peralatan listrik SHS itu memiliki kapasitas kecil yakni sekitar 50 watt per unit, dan dapat memasang tiga mata lampu dengan menggunakan lampu hemat energi. "Masyarakat sangat senang mendapatkan bantuan listrik SHS itu," katanya.

Dia menambahkan, berharap alokasi listrik SHS tahun 2012 yang hanya sekitar 300 unit dapat bertambah melalui perubahaan APBD. [yg/mtr]


@



Permintaan Listrik Skala Kecil di Sulut Capai 7.000 Unit