Lowongan Kerja, mencari informasi kerja

Contact online

Bangladesh Beli Minyak Kelapa Sulut

MANADO BISNIS  – Pekan terakhir di bulan Februari ini,  minyak kelapa kasar atau crude coconut oil (CCO) Sulut  meluas ke pasar Bangladesh,  ditandai pengiriman sebanyak 102 ton.

“Ekspor minyak kelapa kasar ke Bangladesh sebanyak 102 ton mampu mendatangkan devisa bagi Sulut sebanyak 134.276 dolar AS," kata Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan  (Disperindag) Sulut Sanny Parengkuan.

Dikatakannya, pasar Bangladesh termasuk pasar non-tradisional untuk komoditas produk turunan kelapa, ditandai pengiriman terus meningkat selama beberapa bulan terakhir. “Pasar Bangladesh cukup potensial terbukti volume ekspor ke negara tersebut hampir menyamai volume pengiriman ke negara lain seperti Belanda dan lainnya,” tandas Parengkuan.

Sementara menurut,  Kepala Bidang Perdagangan Luar Negeri Disperindag Sulut Hanny Wajong, Bangladesh merupakan pasar potensial untuk beberapa komoditas unggulan daerah itu. “Minyak kelapa kasar merupakan salah satu produk unggulan daerah yang bertumbuh cukup baik di Bangladesh, tak heran bila mampu dilakukan ekspor ratusan ton sekali kirim ke negara itu,” ungkapnya.

CCO  sendiri, menurut Parengkuan, adalah salah satu produk turunan kelapa yang menjadi andalan ekspor Sulut hingga saat ini. "Ekspor minyak kelapa kasar terjadi di beberapa negara, terbesar memang masih ke Eropa, tetapi tahun belakangan ini mulai meluas ke kawasan Asia hingga Amerika Serikat,” paparnya.

Diketahui, minyak kelapa kasar merupakan produk turunan dari kelapa yang mampu menguasai sekitar 60-70 persen dari total ekspor Sulut ke berbagai negara. Kopra yang menjadi bahan baku untuk diolah menjadi CCO dihasilkan petani Sulut berkisar 280 ribu hingga 300 ribu ton setiap tahun. [yg/mtr]


@



Bangladesh Beli Minyak Kelapa Sulut