Lowongan Kerja, mencari informasi kerja

Contact online

Pasaran Telur Bebek Mulai Terbuka di Manado

MANADO BISNIS  – Bagi warga Sulut yang  menjalankan peternakan  bebek, dengan hasil telurnya   dalam jumlah yang banyak, tak perlu lagi merasa bingung memasarkannya dimana. Sebab  pemasaran  telur bebek tersebut sudah  mulai terbuka, dengan adanya pembeli yang menginginkan telur  bebek  dalam jumlah yang banyak.

Terbukanya pemasaran telur bebek ini, terlihat pada  pasar lelang komoditi agro (PLKA)   Sulut  periode ke-3 tahun 2012. "Pembeli dan penjual sepakat menetapkan harga telur bebek produksi peternak Tondano Rp2.400 per butir, lebih tinggi ketimbang harga pasaran bebas," kata Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Sulut, Sanny Parengkutan.

Dikatakannya, terciptanya transaksi perdagangan komoditi telur bebek, sangat membanggakan, di tengah upaya pemerintah semakin memperluas pemasaran berbagai komoditas yang berasal dari usaha langsung masyarakat. "Peternakan bebek atau itik, merupakan usaha rakyat, karena sistem pemeliharaannya sebagian besar dilakukan sendiri oleh masyarakat, karena itu terbukanya pasar telur bebek, membuka peluang usaha bagi para peternak bebek ke depan," ungkapnya.

Daerah sentra penghasil telur bebek di Sulut, menurut Parengkuan tersebar di banyak lokasi. Diantaranya, Tondano, Langowan, Kakas, dan beberapa kawasan lainnya. “Dalam PLKA Sulut periode ke-3, telur  bebel  diperdagangkan mencapai 3.000 butir, jumlah tersebut untuk memenuhi kebutuhan industri pangan lokal terhadap komoditas tersebut yang terus meningkat,” papar Parengkuan.  [yg/mtr]


@



Pasaran Telur Bebek Mulai Terbuka di Manado