Lowongan Kerja, mencari informasi kerja

Contact online

Perbankan Sulut Mulai Peduli Sektor Pertanian

Sektor Pertanian (foto : ist)
MANADO BISNIS  – Perbankan yang ada di Sulut, ternyata mulai peduli terhadap pengembangan sektor pertanian. Ini sesuai dengan data yang dikeluarkan Bank Indonesia (BI) perwakilan Sulut, bahwa  kredit untuk pertanian  telah mencapai Rp 399 miliar.

Menurut Kepala BI Perwakilan Sulut Suhaedi, kredit pertanian yang disalurkan perbankan ke sektor pertanian  meningkat tajam yakni mencapai pertumbuhan 90 persen pada Maret 2012 dibandingkan posisi sama tahun sebelumnya. "Kredit pertanian per Maret 2012 tercatat sebanyak Rp399 miliar, naik sekitar 90 persen dibandingkan posisi kredit Maret tahun lalu yang kala itu baru sebesar Rp210 miliar," ujarnya.

Suhaedi mengatakan, peningkatan kredit tersebut, suatu bukti bahwa perbankan Sulut peduli terhadap pengembangan sektor pertanian. "Perbankan Sulut peduli terhadap sektor pertanian, karena sektor ini memberi dampak langsung pada peningkatan kesejahteraan masyarakat, disamping potensinya yang cukup besar, karena itu perbankan tertarik melakukan ekspansi," tandasnya.

BI, lanjut  Suhaedi,  terus mendorong perbankan untuk terus memberi perhatian terhadap pengembangan ekonomi lokal, dan pertanian bagi Sulut merupakan sektor yang utama, karena sebagian besar masyarakat di daerah tersebut berharap dari sektor ini. “Sektor pertanian yang mendapatkan kucuran kredit Rp399,67 miliar tersebut, selain pertanian juga perburuan dan sarana pertanian,” ungkapnya.

Diketahuim, dalam data BI, per Maret 2012 total kredit yang disalurkan perbankan di Sulut mencapai Rp16,17 triliun, dengan demikian kredit pertanian yang pada bulan tersebut tercatat sebesar Rp399  miliar berarti hanya 2,47 persen pangsanya. [yg/mtr]


@



Perbankan Sulut Mulai Peduli Sektor Pertanian