Lowongan Kerja, mencari informasi kerja

Contact online

Stok BBM Sulut Menipis, Tinggal Seminggu

MANADO BISNIS  – Kalau saja pemerintah dan instansi berkompeten tidak segera mengambil langkah antisipatif,  soal kelangkaan Bahan  Bakar Minyak (BBM), maka aktivitas perekonomian Propinsi Sulut bakal lumpuh. Hal ini dikarenakan semua aktivitas yang menggunakan BBM tak akan jalan sebagaimana mestinya.

Informasi yang diperoleh harian ini,   stok  BBM  Sulut yang tersimpan di Depot Pertamina Bitung sudah menipis, malah terancam akan segera habis dalam sepekan ini. Hal ini berdasarkan data hasil pertemuan  pihak Pertamina Sales Manado, Hiswana Migas dan  Pemprop Sulut  yakni bagian Biro Ekonomi.

Dimana dari data yang ada stok Premium di Depot Bitung tersisa 2.800 Kilo liter (KL)  atau setara dengan 4 hari  ke depan. Stok ini akan cepat susut, jika perkiraan yang ada sebanyak 46 SPBU di Sulut menghabiskan di atas 720 Kl per hari. Sehingga, menurut Kepala Biro Ekonomi Pemprop  Sulut, Adry Manengkey pihaknya akan memberikan edaran bagi kabupaten/kota di Sulut untuk turut mengawasi SPBU  serta meniadakan para pengecer Premium. "Para pengecer BBM harus segera ditiadakan, selain melanggar UU No.22 Tahun 2001, juga langkah supaya kesediaan BBM terutama jenis premium tak habis di SPBU," terangnya.

Pihak PT Pertamina melalui Plt  Sales Area Manager BBM Retail Pertamina Kristanto,  juga telah mengerahkan anak buahnya untuk mendata kendaraan-kendaraan yang digunakan untuk menampung BBM untuk disalurkan kepada para pengecer. "Kami juga ikut mendata kendaraan penampung, supaya kita tidak kehabisan BBM. Setelah ditemui, maka kendaraan yang terbukti akan dilaporkan kepihak kepolisian untuk kemudian ditindak sesuai aturan yang berlaku," tegasnya.

Sebelumnya Pertamina mengaku,    telah  mengendalikan penjualan BBM  jenis premium sekitar 10 persen di seluruh  SPBU di wilayah  Sulut.  Perbandingannya, pada Maret lalu premium yang didistribusikan berkisar 750 sampai 800 KL per hari, tetapi mulai April lalu  diturunkan hanya 700 hingga 730 Kl. Pengendalian penjualan premium  dilakukan untuk menyesuaikan dengan alokasi anggaran subsidi di APBN 2012. [yg/mtr]


@



Stok BBM Sulut Menipis, Tinggal Seminggu