Lowongan Kerja, mencari informasi kerja

Contact online

Cengkih Mulai Naik, Petani Optimis Sejahtera

MANADO BISNIS – Di awal pekan berjalan ini, harga cengkih di Sulut  mulai naik di kisaran enam hingga tujuh persen. Hal ini pun  memberi optimisme bagi petani   bahwa harga komoditas unggulan tersebut bakal naik seperti tahun lalu.

"Tahun 2011 lalu harga cengkih sempat menyentuh Rp200 ribu per kilogram (Kg), nah pergerakan harga dari Rp80 ribu menjadi Rp85 ribu per Kg saat petani sedang panen tahun ini, menjadi pertanda positif harga akan optimis ke depan,"  ujar Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Sulut Sanny Parengkuan.

Diutarakannya,   pengalaman tahun sebelumnya, harga cengkih bergerak turun saat panen petani berlangsung, tetapi tahun ini justru kondisi sebaliknya harga naik. Kenaikan harga cengkih saat panen sementara berlangsung, disambut positif petani di Kabupaten Minahasa dan daerah lainnya di Sulut.

Yus L salah satu petani di Kabupaten Minahasa, menambahkan, naiknya harga cengkih membantu tingkat kesejahteraan petani. "Tingkat kesejahteraan petani bakal meningkat, terutama bila harga cengkih naik hingga Rp200 ribu per Kg," ujarnya, seraya menambahkan,  harus diakui  cengkih masih menjadi komoditas andalan yang bisa mendorong pendapatan petani mengalami peningkatan tahun ini.

Sementara itu,  para pedagang pembeli cengkih di Manado, mengatakan, kondisi cuaca Manado sering turun hujan, mengakibatkan proses penjemuran cengkih terganggu. "Proses penjemuran cengkih menjadi lebih lama, bila sebelumnya hanya sekitar empat hari, maka saat ini bisa mencapai seminggu, karena itu volume produksi cengkih petani turun, imbasnya yang dijual ke pedagang menjadi berkurang, maka harga cenderung naik karena permintaan lebih tinggi dari penawaran," kata Johny, salah satu pedagang cengkih di Manado. [yg/mtr]



@



Cengkih Mulai Naik, Petani Optimis Sejahtera